Pages

MA 69 - 三十喻 [Tiga Puluh Perumpamaan]

Demikianlah telah kudengar: 

Pada suatu ketika Sang Buddha sedang berdiam di Rājagaha, di Hutan Bambu, Tempat Perlindungan Tupai, bersama-sama dengan sekumpulan besar para bhikkhu, yang sedang menjalankan pengasingan musim hujan.

Pada waktu itu, pada hari kelima belas [dari setengah bulan], waktu untuk mengulang aturan disiplin, Sang Bhagavā duduk di tempat duduk yang diatur di hadapan para bhikkhu.

Setelah duduk, Sang Bhagavā memasuki penyerapan meditatif dan menyelidiki pikiran para bhikkhu. Setelah itu, Sang Bhagavā melihat bahwa kumpulan para bhikkhu sedang duduk bermeditasi dengan hening, dalam keheningan yang mendalam, tanpa kemalasan atau kelambanan, dengan melenyapkan rintangan-rintangan; [beliau melihat bahwa] kumpulan para bhikkhu duduk dalam [meditasi] yang mendalam, sangat mendalam, tenang, sangat tenang, unggul, sangat unggul.

Pada waktu itu Yang Mulia Sāriputta juga berada di antara mereka. Kemudian Sang Bhagavā berkata: “Sāriputta, kumpulan para bhikkhu duduk bermeditasi dengan hening, dalam keheningan yang mendalam, tanpa kemalasan atau kelambanan, dengan melenyapkan rintangan-rintangan. Kumpulan para bhikkhu duduk dalam [meditasi yang] mendalam, sangat mendalam, tenang, sangat tenang, unggul, sangat unggul. Sāriputta, siapakah yang dapat menghormati dan menyokong kumpulan para bhikkhu [demikian]?”

Setelah itu, Yang Mulia Sāriputta bangkit dari tempat duduknya, mengatur jubahnya sehingga memperlihatkan satu bahu, merangkapkan telapak tangannya [untuk menghormat] kepada Sang Buddha, dan berkata:

“Demikianlah, Sang Bhagavā. Kumpulan para bhikkhu sedang duduk bermeditasi dengan mendalam, dalam keheningan yang mendalam, tanpa kemalasan atau kelambanan, dengan melenyapkan rintangan-rintangan. Kumpulan para bhikkhu duduk dalam [meditasi] yang mendalam, sangat mendalam, tenang, sangat tenang, unggul, sangat unggul.

“Sang Bhagavā, tidak ada orang [lain] yang dapat menghormati dan menyokong kumpulan para bhikkhu [demikian]. Hanya Sang Bhagavā yang dapat menghormati dan menyokong Dharma dan kumpulan para bhikkhu, serta moralitas, ketekunan, kedermawanan, dan konsentrasi. Hanya Sang Bhagavā yang dapat menghormati dan menyokong mereka.”

Sang Bhagavā berkata:

“Demikianlah, Sāriputta. Tidak ada orang [lain] yang dapat menghormati dan menyokong kumpulan para bhikkhu [demikian]. Hanya Sang Bhagavā yang dapat menghormati dan menyokong Dharma dan kumpulan para bhikkhu, serta moralitas, ketekunan, kedermawanan, dan konsentrasi. Hanya Sang Bhagavā yang dapat menghormati dan menyokong mereka.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki berbagai hiasan: kain sutra dan wol yang berwarna-warni, cincin, gelang, hiasan siku, kalung, dan kalungan emas dan perak; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki moralitas sebagai hiasan mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki moralitas sebagai hiasan mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki lima lencana: pedang, payung, hiasan kepala kerajaan, kipas dengan pegangan dari permata, dan sandal berhiasan, di mana mereka melindungi tubuh mereka dan memperoleh kesejahteraan; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni menjalankan aturan pelatihan, dengan cara demikian melindungi kehidupan suci. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan menjalankan aturan pelatihan, dengan cara demikian melindungi kehidupan suci, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki para penjaga; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki enam indera sebagai penjaga mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan penjagaan enam indera sebagai penjaga mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki para penjaga gerbang yang cerdas, bijaksana, membedakan, dan memahami; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki perhatian penuh sebagai penjaga gerbang mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan perhatian penuh sebagai penjaga gerbang mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki kamar mandi yang menyenangkan yang dipenuhi dengan sumber mata air segar; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki ketenangan batin sebagai air mandi mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan ketenangan batin sebagai air mandi mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki pelayan kamar mandi yang secara teratur memandikan mereka; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki teman-teman baik sebagai pelayan kamar mandi mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan teman-teman baik sebagai pelayan kamar mandi mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memilik wewangian untuk digunakan pada tubuh mereka: wewangian deodar, gaharu, cendana, olibanum, cengkeh, eupatorium; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki moralitas sebagai wewangian mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan moralitas sebagai wewangian mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki pakaian yang bagus terbuat dari linen, dari sutra yang bagus, dari wol yang bagus, atau dari kulit rusa pilihan; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki rasa malu dan segan sebagai pakaian mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan rasa malu dan segan sebagai pakaian mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki tempat tidur dan tempat duduk yang bagus, yang sangat lebar dan tinggi; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki empat jhāna sebagai tempat tidur dan tempat duduk mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan empat jhāna sebagai tempat tidur dan tempat duduk mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki tukang cukur yang ahli yang merapikan rambut mereka; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki perhatian penuh sebagai tukang cukur mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhu diberkahi dengan perhatian penuh sebagai tukang cukur mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki makanan yang lembut dan menakjubkan dengan berbagai rasa; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki kegembiraan sebagai makanan mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan kegembiraan sebagai makanan mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki berbagai minuman: jus mangga, jus jambu, jus tebu, jus anggur, dan minuman keras; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki rasa Dharma sebagai minuman mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan rasa Dharma sebagai minuman mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki kalungan bunga yang sangat bagus terbuat dari bunga seroja biru, bunga campaka, bunga melati, bunga melati berbunga besar, dan bunga semak mutiara; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki tiga jenis konsentrasi sebagai kalungan bunga mereka: [konsentrasi] kekosongan, [konsentrasi] tanpa keinginan, [konsentrasi] tanpa tanda. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan tiga jenis konsentrasi sebagai kalungan bunga mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki aula atau bangunan megah sebagai tempat tinggal mereka; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki tiga kediaman sebagai tempat tinggal mereka: kediaman para dewa, kediaman para Brahmā, dan kediaman para orang mulia. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi tiga kediaman sebagai tempat tinggal mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki para pengawal, yaitu, para pengawal yang melindungi rumah mereka; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki kebijaksanaan sebagai yang melindungi rumah mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan kebijaksanaan sebagai yang melindungi rumah mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki empat jenis pendapatan yang dikumpulkan dari semua kota di kerajaan: satu bagian untuk menyokong raja, ratu dan para wanita istana; bagian kedua untuk menyokong putra mahkota dan para menteri; bagian ketiga untuk menyokong seluruh penduduk kerajaan; dan bagian keempat untuk menyokong para pertapa dan brahmana; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki empat penegakan perhatian sebagai pendapatan mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan empat penegakan perhatian sebagai pendapatan mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki berbagai kendaraan: kereta gajah, kereta kuda, kereta, tandu; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki empat landasan kekuatan batin sebagai kendaraan mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan empat landasan kekuatan batin sebagai kendaraan mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memilik berbagai kereta perang yang dihiasi dengan berbagai warna hiasan yang terbuat dari kulit singa, macan, dan macan kumbang pilihan yang berpola; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki ketenangan dan pandangan terang sebagai kereta perang mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan ketenangan dan pandangan terang sebagai kereta perang mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki kusir, yaitu para pengendara kereta; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki perhatian penuh sebagai kusir mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan perhatian penuh sebagai kusir mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki bendera yang sangat tinggi; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki pikiran mereka sendiri sebagai bendera tinggi mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan [memiliki] pikiran mereka sendiri sebagai bendera tinggi mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki jalan-jalan bagus yang rata dan lebar dan membawa secara langsung menuju taman hiburan mereka; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki jalan mulia berunsur delapan sebagai jalan mereka yang rata dan lebar dan membawa secara langsung menuju nirvana. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan jalan mulia berunsur delapan, yang rata dan lebar dan membawa secara langsung menuju nirvana, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki para panglima perang yang cerdas, bijaksana, membedakan, dan memahami; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki kebijaksanaan sebagai panglima perang mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan kebijaksanaan sebagai panglima perang mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki istana-istana besar, yang sangat luas dan megah; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki kebijaksanaan sebagai istana besar mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan kebijaksanaan sebagai istana besar mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior naik ke sebuah istana megah dan melihat orang-orang di bawah istana pergi dan kembali, berjalan, melompat, berdiri, duduk, atau berbaring; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni naik ke istana megah kebijaksanaan yang tiada bandingnya untuk merenungkan pikiran mereka sendiri sebagai tegak lurus, lunak, bergembira, dan tidak melekat. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan istana megah kebijaksanaan yang tiada bandingnya untuk merenungkan pikiran mereka sendiri sebagai tegak lurus, lunak, bergembira, dan tidak melekat, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki ahli silsilah, yang memiliki pengetahuan dalam silsilah keluarga; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki silsilah mulia berunsur empat sebagai ahli silsilah mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan silsilah mulia berunsur empat sebagai ahli silsilah mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki dokter ahli yang terkenal yang dapat menyembuhkan banyak penyakit; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki perhatian penuh sebagai dokter ahli mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan perhatian penuh sebagai dokter ahli mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki dipan kerajaan resmi, yang ditutupi dengan selimut wol, dihiasi dengan kain brokat dan sutra bagus, dengan seperai yang dilapisi dengan kapas, dan dengan bantal [yang terbuat dari] kulit rusa pada kedua ujungnya; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki konsentrasi yang tidak terhalangi sebagai dipan kerajaan resmi mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan konsentrasi yang tidak terhalangi sebagai dipan kerajaan resmi mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior memiliki permata-permata berharga; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki pembebasan yang tidak tergoyahkan sebagai permata berharga mereka. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan pembebasan yang tidak tergoyahkan sebagai permata berharga mereka, maka mereka dapat meninggalkan kejahatan dan berlatih apa yang bermanfaat.

“Sāriputta, seperti halnya para raja dan menteri senior mandi secara menyeluruh dan menggunakan wewangian yang bagus pada tubuh mereka, untuk membuat diri mereka sangat murni; demikianlah, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni memiliki perenungan terhadap pikiran mereka sendiri untuk membuat diri mereka sangat murni. Jika, Sāriputta, para bhikkhu dan bhikkhuni diberkahi dengan perenungan terhadap pikiran mereka sendiri untuk membuat diri mereka sangat murni, maka mereka dapat menghormati Sang Bhagavā, Dharma, dan kumpulan para bhikkhu, serta moralitas, ketekunan, kedermawanan, dan konsentrasi.”

Ini adalah apa yang dikatakan Sang Buddha. Setelah mendengarkan perkataan Sang Buddha, Yang Mulia Sāriputta dan para bhikkhu [lainnya] bergembira dan mengingatnya dengan baik.

Karma JIgme

Instagram