Pages

Bodhisattvacharyāvatāra [ parivarta ketiga ]

Parivarta ke tiga 

Bodhicitta-parigraha

[Menerima Bodhicitta Sepenuhnya ]


1.
Dengan gembira, saya bermudita atas kebajikan
Yang membebaskan penderitaan mereka
Yang ada di alam-alam rendah
Dan yang memberikan kebahagiaan kepada mereka yang menderita.


2.
Saya bermudita atas pengumpulan kebajikan
Yang merupakan kondisi terbebasnya (para Arhat),
Saya bermudita atas kepastian terbebasnya para makhluk
Dari penderitaan samsara.


3.
Saya bermuditas atas tergugahnya para Buddha
Dan juga atas pencapaian
bhumi para Bodhisattva.


4.
Dan dengan gembira, saya bermudita
Atas samudra kebajikan dari mengembangkan Bodhicitta
Yang menginginkan semua makhluk berbahagia,
Dan juga atas tindakan-tindakan yang memberi manfaat kepada mereka.


5.
Dengan tangan beranjali, saya memohon
Kepada para Buddha di seluruh penjuru
Untuk menyalakan pelita Dharma
Bagi semua yang tersesat dalam kegelapan penderitaan.


6.
Dengan tangan beranjali, saya memohon
Kepada para Jina yang ingin memperagakan
parinirvana,
Agar tetap tinggal selama berkalpa-kalpa tak terhingga
Dan tidak meninggalkan dunia dalan kegelapan.


7.
Dengan demikian, melalui kebajikan yang telah dikumpulkan
Dari semua yang telah saya lakukan,
Agar penderitaan setiap makhluk
Sepenuhnya berakhir.


8.
Agar saya menjadi dokter dan obat
Dan agar saya menjadi perawat
Bagi semua makhluk yang sakit di dunia,
Hingga semuanya sembuh.


9.
Agar hujan makanan dan minuman turun
Menghilangkan rasa sakit dari haus dan lapar,
Dan selama kalpa kelaparan
Agar saya sendiri menjadi makanan dan minuman.


10.

Agar saya menjadi harta karun yang tiada habis-habisnya
Bagi mereka yang miskin dan melarat;
Agar saya menjadi segala sesuatu yang mereka butuhkan
Dan agar semua ini ditempatkan di dekat mereka.


11.
Tanpa merasa kehilangan sedikit pun
Saya akan memberikan tubuh dan kenyamanan-kenyamanan saya
Begitu juga semua kebajikan saya di tiga masa
Demi memberi manfaat kepada semua.


12.
Dengan memberikan semuanya,
duhkha teratasi
Dan saya akan merealisasi keadaan Nirvana.
Adalah terbaik, (sekarang) saya memberikan semuanya kepada semua makhluk
Dengan cara yang sama sebagaimana pada saat kematian.


13.
Setelah memberikan tubuh ini
Demi kebahagiaan semua makhluk,
Dengan membunuh, menyiksa, dan memukulnya,
Agar mereka selalu melakukannya sesuka hati mereka.


14.
Meskipun mereka mungkin mempermainkan tubuh saya
Dan menjadikannya sumber lelucon dan cemoohan,

Bodhisattvacharyavatara 17Karena saya telah memberikan tubuh ini kepada mereka
Apa gunanya mempertahankannya dengan rasa sayang?


15.
Oleh karena itu, saya akan mempersilakan mereka melakukan apa saja pada tubuh ini,
Yang tidak menyebabkan bahaya apapun bagi mereka
Dan ketika siapapun bertemu dengan saya
Agar itu tak pernah menjadi sia-sia baginya.


16.

Jika dalam diri mereka yang bertemu dengan saya,
Suatu keyakinan atau kemarahan muncul,
Agar hal itu selamanya menjadi sumber
Terpenuhinya semua keinginan mereka.


17.
Agar semua yang mengatakan hal-hal buruk kepada saya
Atau menyebabkan bahaya apapun bagi saya,
Dan mereka yang mencemooh dan menghina saya
Memiliki faktor-faktor yang mendukung untuk sepenuhnya tergugah.


18.
Agar saya menjadi Pembimbing bagi mereka yang tidak memilikinya,
Seorang Pembimbing bagi semua pengelana yang sedang dalam perjalanan;
Agar saya menjadi jembatan, perahu dan kapal,
Bagi semua yang ingin menyeberang.


19.
Agar saya menjadi pulau bagi mereka yang mencarinya
Dan pelita bagi mereka yang menginginkan cahaya,
Agar saya menjadi tempat tidur bagi semua yang ingin beristirahat
Dan budak bagi semua yang menginginkan budak.


20.
Agar saya menjadi permata pengabul keinginan, sebuah vas ajaib,
Mantra-mantra berdaya kuat, dan obat yang sangat manjur,
Agar saya menjadi pohon pengabul keinginan
Dan sapi yang berlimpah bagi dunia.


21.
Seperti halnya ruang
Dan elemen-elemen utama seperti tanah,
Agar saya selalu menopang kehidupan
Semua makhluk tak terbatas.


22.
Dan hingga mereka terbebas dari
duhkhaAgar saya juga menjadi sumber kehidupan
Di semua alam dari berbagai makhluk
Yang jumlahnya memenuhi angkasa.


23.
Sebagaimana para Sugata sebelumnya
Telah merealisasi Bodhicitta,
Dan sebagaimana mereka kemudian
Menjalankan praktik-praktik Bodhisattva (
paramita);


24.
Demikian juga, demi semua makhluk
Saya membangkitkan Bodhicitta,
Dan begitu pula, kemudian saya akan
Menjalankan
paramita-paramita.


25.
Demi mengembangkannya lebih lanjut dari sekarang,
Mereka yang cerdas yang benar-benar menjalankan
Bodhicitta dengan cara ini,
Seharusnya memuliakannya dengan cara berikut:


26.
“Hari ini hidup saya telah membuahkan hasil;
(Setelah) mendapatkan kehidupan manusia yang berharga ini,
Saya telah dilahirkan dalam keluarga Buddha
Dan sekarang saya adalah seorang Jinaputra.


27.
Karena itu, mulai sekarang tindakan apapun yang saya lakukan
Harus selaras dengan keluarga ini.
Saya tak akan pernah menodai atau mencemarkan
Keluarga agung dan tanpa cela ini.


28.
Seperti halnya seorang buta
Menemukan sebuah permata dalam tumpukan sampah,
Demikian juga, melalui kondisi-kondisi tertentu,
Bodhicitta telah muncul dalam diri saya.


29.
Bodhicitta adalah
ambrosia tertinggi
Yang mengatasi daya kematian,

Bodhicitta adalah harta karun yang tiada habis-habisnya
Yang menghilangkan semua kemiskinan di dunia.


30.
Bodhicitta adalah obat paling mujarab
Yang menyembuhkan penyakit dunia.
Bodhicitta adalah pohon yang menaungi semua makhluk
Yang berkelana kelelahan di jalan samsara.


31.
Bodhicitta adalah jembatan universal
Yang menghantarkan pada pembebasan dari kelahiran-kelahiran rendah,
Bodhicitta adalah
citta yang bagaikan rembulan menuju purnama
Yang menghilangkan siksaan
klesha-klesha.


32.
Bodhicitta adalah mentari agung yang akhirnya menghilangkan
Kabut kesalahpengertian dunia,
Bodhicitta adalah intisari
(Mentega dari adukan susu) Dharma.


33.
Bagi semua pengelana yang melintasi jalan samsara
Yang ingin mengalami kebahagiaan berlimpah,
Ini akan memuaskan mereka dengan kegembiraan
Dan sesungguhnya menempatkan mereka dalam
mahasukha.


34.
Hari ini di hadapan semua Pembimbing
Saya mengundang dunia untuk menjadi tamu-tamu
Pada pesta kebahagiaan sementara dan tertinggi.
Agar para dewa,
asura dan semuanya bergembira 



parivarta kedua  kembali                                                           lanjut ke  parivarta keempat


Karma JIgme

Instagram