Gulungan ke empat puluh lima
阿僧祇 品 第三 十
Parivarta ke tiga puluh
asaṁkhyeya
Bhagavān, para Buddha Tathāgata mengatakan asaṁkhyeya, aparimāṇa, aparyanta, asamanta, agaṇeya, atulya, acintya, ameya, nirabhilapya. Bhagavān ,apa yang dimaksud dengan asaṁkhyeya hingga nirabhilapya ini ?
[0237b15] Bhagavān memberitahukan kepada bodhisattva mahāsattva Cittarājā dan berkata
Sādhu, sādhu Kulaputra, pertanyaan yang anda ajukan ini kepada Tathāgata, Samyak-Saṁbuddha pada hari ini , memungkinkan semua makhkluk hidup dalam ranah eksistensi memahami makna dari satuan yang hanya diketahui oleh para Buddha . Kulaputra, dengarkan dengan baik, dengarkan dengan baik , saya akan menguraikan kepada anda sekarang , perhatikan dengan seksama.
Kemudian bodhisattva mahāsattva Cittarājā menjawab dan berkata,
Sādhu, saya akan menerima uraian ini dengan penuh perhatian.
[0237b15] Bhagavān memberitahukan kepada bodhisattva mahāsattva Cittarājā dan berkata
Kulaputra, seratus lakṣa adalah satu koṭi. Satu koṭi dikalikan dengan satu koṭi adalah satu ayuta.
Satu ayuta dikalikan dengan satu ayuta adalah satu nayuta .
Satu nayuta dikalikan dengan satu nayuta adalah satu bimbara.
Satu bimbara dikalikan dengan satu bimbara adalah satu kiṁkara.
Satu kiṁkara dikalikan dengan satu kiṁkara adalah satu agāra.
Satu agāra dikalikan dengan satu agāra adalah satu pravara.
Saru pravara dikalikan dengan satu pravara adalah satu mavara.
Satu mavara dikalikan dengan satu mavara adalah satu avara.
Saru avara dikalikan dengn satu avara adalah satu tavara.
Satu tavara dikalikan satu tavara adalah satu sīmā.
Satu sīmā dikalikan dengan satu sīmā adalah satu bhūma.
Satu bhūma dikalikan dengan satu bhūma adalah satu nema.
Satu nema dikalikan dengan satu nema adalah satu avagam.
Satu avagam dikalikan dengan satu avagam adalah satu mīvaga.
Satu mīvaga dikalikan dengan satu mīvaga adalah satu viraga.
Satu viraga dikalikan dengan satu viraga adalah satu vigava.
Satu vigava dikalikan dengan satu vigava adalah satu saṁkrama.
Satu saṁkrama dikalikan dengan satu saṁkrama adalah satu visara.
Satu visara dikalikan dengan satu visara adalah satu vibhaja
Satu vibhaja dikalikan dengan satu vibhaja adalah satu vicaga.
Satu vicaga dikalikan dengan satu vicaga adalah satu visota.
Satu visota dikalikan dengan satu visota adalah satu vivāha.
Satu vivāha dikalikan dengan satu vivāha adalah satu vibhakti.
Satu vibhakti dikalikan dengan satu vibhakti adalah satu vikhyāta.
Satu vikhyāta dikalikan dengan satu vikhyāta adalah satu tulana.
Satu tulana dikalikan dengan satu tulana adalah satu dhāraṇa.
Satu dhāraṇa dikalikan dengan satu dhāraṇa adalah satu vipatha.
Sebuah vipatha dikalikan dengan satu vipatha adalah satu viparya.
Satu viparya dikalikan satu viparya adalah satu samarya.
Satu samarya dikalikan dengan satu samarya adalah satu vidūra.
Satu vidūra dikalikan dengan sartu vidūra adalah satu hevara.
Satu hevara dikalikan dengan satu hevara adalah satu vicāra.
Satu vicara dikalikan dengan satu vicāra adalah satu vitata.
Satu vitata dikalikan dengan satu vitata adalah satu atyudgata.
Satu atyudgata dikalikan dengan satu atyudgata adalah satu viśiṣṭa.
Satu viśiṣṭa dikalikan dengan satu viśiṣṭa adalah satu nelava.
Satu nelava dikalikan dengan satu nelava adalah satu hariva.
Satu hariva dikalikan dengan satu hariva adalah satu vikṣobha.
Satu vikṣobha dikalikan dengan satu vikṣobha adalah satu halibha.
Satu halibha dikalikan dengan satu halibha adalah satu hārisa.
Satu hārisa dikalikan dengan satu hārisa adalah satu heluga.
Satu heluga dikalikan dengan satu heluga adalah satu drabuddha.
Satu drabuddha dikalikan dengan satu drabuddha adalah satu haruṇa.
Satu haruṇa dikalikan dengan satu haruṇa adalah satu maluda.
Satu maluda dikalikan dengan satu maluda adalah satu kṣamuda.
Satu kṣamuda dikalikan dengan satu kṣamuda adalah satu elada.
Satu elada dikalikan dengan satu elada adalah satu maluma.
Satu maluma dikalikan dengan satu maluma adalah satu sadama.
Satu sadama dikalikan dengan satu sadama adalah satu vininda.
Satu vininda dkalikan dengan satu vininda adalah satu acala.
Satu acala dikalikan dengan satu acala adalah satu pramātra.
Satu pramātra dikalikan dengan satu pramātra adalah satu amātra.
Satu amātra dikalikan dengan satu amātra adalah satu bhramātra.
Satu bhramātra dikalikan dengan satu bhramātra adalah satu gamātra.
Satu gamātra dikalikan dengan satu gamātra adalah satu namātra.
Satu namātra dikalikan dengan satu namātra adalah satu hemātra.
Satu hemātra dikalikan dengan satu hemātra adalah satu vaimātra.
Satu vaimātra dikalikan dengan satu vaimātra adalah satu paramātra.
Satu paramātra dikalikan dengan satu paramātra adalah satu śivamātra.
Satu śivamātra dikalikan dengan satu śivamātra adalah satu ela.
Satu ela dikalikan dengan satu ela adalah satu pela.
Satu pela dikalikan dengan satu pela adalah satu tela.
Satu tela dikalikan dengan satu tela adalah satu gela.
Satu gela dikalikan dengan satu gela adalah satu sphula.
Satu sphula dikalikan dengan satu sphula adalah satu nela.
Satu nela dikalikan dengan satu nela adalah satu kela.
Satu kela dikalikan dengan satu kela adalah satu sela.
Satu sela dikalikan dengan satu sela adalah satu phela.
Satu phela dikalikan dengan satu phela adalah satu mela.
Satu mela dikalikan dengan satu mela adalah satu sarala.
Satu sarala dikalikan dengan satu sarala adalah satu meluda.
Satu meluda dikalikan dengan satu meluda adalah satu kheluda.
Satu kheluda dikalikan dengan satu kheluda adalah satu matula.
Satu matula dikalikan dengan satu matula adalah satu samudra.
Satu samudra dikalikan dengan satu samudra adalah satu ayava.
Satu anyava dikalikan dengan satu ayava adalah satu kamala.
Satu kamala dikalikan dengan satu kamala adalah satu magava.
Satu magava dikalikan dengan satu magava adalah satu atara.
Satu atara dikalikan dengan satu atara adalah satu heluya.
Satu heluya dikalikan dengan satu heluya adalah satu veluva.
Satu veluva dikalikan dengan satu veluva adalah satu kalāpa.
Satu kalāpa dikalikan dengan satu kalāpa adalah satu shavava.
Satu havava dikalikan dengan satu havava adalah satu vivara.
Satu vivara dikalikan dengan satu vivara adalah satu navara.
Satu navara dikalikan dengan satu navara adalah satu malara.
Satu malara dikalikan dengan satu malara adalah satu savara.
Satu savara dikalikan dengan satu savara adalah satu merubhu.
Satu merubhu dikalikan dengan satu merubhu adalah satu camara.
Satu camara dikalikan dengan satu camara adalah satu dhamara.
Satu dhamara dikalikan dengan satu dhamara adalah satu pramāda.
Satu pramāda dikalikan dengan satu pramāda adalah satu vigama.
Satu vigama dikalikan dengan satu vigama adalah satu upavarta.
Satu upavarta dikalikan satu upavarta adalah satu nirdeśa.
Satu nirdeśa dikalikan dengan satu nirdeśa adalah satu akṣaya.
Satu akṣaya dikalikan dengan satu akṣaya adalah satu sambhūta.
Satu sambhūta dikalikan dengan satu sambhūta adalah satu amana.
Satu amama dikalikan dengan satu amama adalah satuābandha.
Satu ābandha dikalikan dengan satu ābandha adalah satu utpala.
Satu utpala dikalikan dengan satu utpala adalah satu padma.
Satu padma dikalikan dengan satu padma adalah satu saṁkhyeya
Satu saṁkhyeya dikalikan dengan satu saṁkhyeya adalah satu gati.
Satu gati dikalikan dengan gati adalah satu upagama.
Satu upagama dikalikan dengan satu upagama adalah satu tasaṁkhyeya.
Satu asaṁkhyeya dikalikan dengan satu asaṁkhyeya adalah satu asaṃkhyeya parivarta.
Satu asaṃkhyeya parivarta dikalikan dengan satu asaṃkhyeya parivarta adalah satu aparimāṇa
Satu aparimāṇa dikalikan dengan satu aparimāṇa adalah satu aparimāṇa parivarta.
Satu aparimāṇa parivarta dikalikan dengan satu aparimāṇa parivarta adalah satu aparyanta
Satu aparyanta dikalikan satu aparyanta adalah satu aparyanta parivarta.
Satu aparyanta parivarta dikalikan satu aparyanta parivarta adalah satu asamanta.
Satu asamanta dikalikan dengan satu asamanta adalah satu asamanta parivarta.
Satu asamanta parivarta dikalikan dengan satu asamanta parivarta adalah satu agaṇeya
Satu agaṇeya dikalikan dengan satu agaṇeya adalah agaṇeya satu parivarta.
Satu agaṇeya parivarta dikalikan dengan satu agaṇeya parivarta adalah satu atulya
Satu atulya dikalikan dengan satu atulya adalah satu atulya parivarta.
Satu atulya parivarta dkalikan dengan satu atulya parivarta adalah satu acintya.
Satu acintya dikalikan dengan satu acintya adalah satu acintya parivarta.
Satu acintya parivarta dikalikan dengan satu acintya parivarta adalah satu ameya
Satu ameya dikalikan dengan satu ameya adalah satu ameya parivarta
Satu ameya parivarta dikalikan dengan satu ameya parivarta adalah satu nirabhilapya
Satu nirabhilapya dikalikan dengan satu nirabhilapya adalah satu nirabhilapya parivarta.
Satu nirabhilapya parivarta dikalikan dengan satu nirabhilapya parivarta adalah satu nirabhilapya nirabhilapya.
Satu nirabhilapya nirabhilapya dikalikan dengan satu nirabhilapya nirabhilapya adalah satu nirabhilapya nirabhilapya parivarta.
[0238b06] Kemudian untuk menegaskan kembali makna uraian kepada bodhisattva mahāsattva, Bhagavān melantunkan gātha demikian
asaṁkhyeya yang tidak dapat diungkapkan
yang memenuhi semua aspek adalah asaṁkhyeya
Dalam rentang waktu asaṁkhyeya kalpa
Penjelasan mengenai asaṁkhyeya ini tidak akan selesai.
Jika asaṁkhyeya buddhakṣetra ini diuraikan hingga menjadi butiran debu.
Jika didalam satu butiran debu ini , ada asaṁkhyeya ksetra.
Seperti satu butiran debu ini , semua butiran debu dianalogikan demikian.
Jika setiap butiran debu dari asaṁkhyeya buddhaksetra ini
dihancurkan hingga menjadi butiran debu dalam satu momen durasi kesadaran.
akan asaṁkhyeya.
Demikian juga jika butiran debu dari asaṁkhyeya buddhaksetra itu
dihancurkan hingga menjadi butiran debu dalam setiap momen durasi kesadaran
dalam rentang waktu asaṁkhyeya kalpa.
Juga akan asaṁkhyeya
Seperti asaṁkhyeya didalam sebutir debu yang ada ksetra ini ,
Akan menjadi lebih asaṁkhyeya jika ksetra ini dihancurkan menjadi butiran debu.
Dengan hasil perhitungan dalam rentang waktu asaṁkhyeya kalpa
Ataupun dalam rentang waktu kalpa yang berjumlah seperti butiran debu ini .
Ataupun dengan menggunakan analogi satu butiran debu sebagai seratus ribu kalpa
Jika memuji bodhisattva mahāsattva Samantabhadra ini dalam rentang waktu kalpa yang demikian ,
Juga tidak akan selesai dalam memuji kualitas kebajikan dari bodhisattva mahāsattva ini.
Di ujung sehelai rambut, ada asaṁkhyeya Samantabhadra
Diujung setiap helai rambut, ada ruang lingkup realitas .
Di ujung sehelai rambut, ada asaṁkhyeya ksetra yang tidak terhitung jumlahnya
Di ujung setiap helai rambut juga ada asaṁkhyeya ksetra yang menyeliputi angkasa ini
Di ujung sehelai rambut, ada beragam asaṁkhyeya ksetra yang tidak terhitung jumlahnya.
Beragam asaṁkhyeya ksetra yang berbeda
Beragam asaṁkhyeya ksetra yang sama.
Di ujung sehelai rambut, ada asaṁkhyeya ksetra murni .
Dengan beragam asaṁkhyeya tataran perhiasan
Dengan beragam asaṁkhyeya keindahan yang mengagumkan
Di ujung sehelai rambut, ada asaṁkhyeya nama Buddha dikumandangkan.
Dengan asaṁkhyeya asaṁkhyeya parivarta nama yang telah diprediksi pencapaiannya oleh para Tathāgata
Di setiap tubuh Tathāgata, ada asaṁkhyeya pori-pori.
Dengan setiap pori-pori memanifestasikan asaṁkhyeya warna
Dengan asaṁkhyeya pori-pori yang memancarkan asaṁkhyeya iluminasi cahaya.
Di setiap iluminasi cahaya , termanifestasi asaṁkhyeya bunga teratai
Dengan setiap bunga teratai , memiliki asaṁkhyeya kelopak bunga teratai
Dengan setiap kelopak bunga teratai , termanifestasi asaṁkhyeya warna
Di setiap warna yang termanifestasi , ada asaṁkhyeya kelopak bunga teratai
Dengan asaṁkhyeya iluminasi cahaya kelopak bunga teratai
Dengan asaṁkhyeya warna iluminasi cahaya.
Dengan setiap asaṁkhyeya warna , memancarkan asaṁkhyeya iluminasi cahaya
[0238b06] Kemudian untuk menegaskan kembali makna uraian kepada bodhisattva mahāsattva, Bhagavān melantunkan gātha demikian
asaṁkhyeya yang tidak dapat diungkapkan
yang memenuhi semua aspek adalah asaṁkhyeya
Dalam rentang waktu asaṁkhyeya kalpa
Penjelasan mengenai asaṁkhyeya ini tidak akan selesai.
Jika asaṁkhyeya buddhakṣetra ini diuraikan hingga menjadi butiran debu.
Jika didalam satu butiran debu ini , ada asaṁkhyeya ksetra.
Seperti satu butiran debu ini , semua butiran debu dianalogikan demikian.
Jika setiap butiran debu dari asaṁkhyeya buddhaksetra ini
dihancurkan hingga menjadi butiran debu dalam satu momen durasi kesadaran.
akan asaṁkhyeya.
Demikian juga jika butiran debu dari asaṁkhyeya buddhaksetra itu
dihancurkan hingga menjadi butiran debu dalam setiap momen durasi kesadaran
dalam rentang waktu asaṁkhyeya kalpa.
Juga akan asaṁkhyeya
Seperti asaṁkhyeya didalam sebutir debu yang ada ksetra ini ,
Akan menjadi lebih asaṁkhyeya jika ksetra ini dihancurkan menjadi butiran debu.
Dengan hasil perhitungan dalam rentang waktu asaṁkhyeya kalpa
Ataupun dalam rentang waktu kalpa yang berjumlah seperti butiran debu ini .
Ataupun dengan menggunakan analogi satu butiran debu sebagai seratus ribu kalpa
Jika memuji bodhisattva mahāsattva Samantabhadra ini dalam rentang waktu kalpa yang demikian ,
Juga tidak akan selesai dalam memuji kualitas kebajikan dari bodhisattva mahāsattva ini.
Diujung setiap helai rambut, ada ruang lingkup realitas .
Di ujung sehelai rambut, ada asaṁkhyeya ksetra yang tidak terhitung jumlahnya
Di ujung setiap helai rambut juga ada asaṁkhyeya ksetra yang menyeliputi angkasa ini
Di ujung sehelai rambut, ada beragam asaṁkhyeya ksetra yang tidak terhitung jumlahnya.
Beragam asaṁkhyeya ksetra yang berbeda
Beragam asaṁkhyeya ksetra yang sama.
Di ujung sehelai rambut, ada asaṁkhyeya ksetra murni .
Dengan beragam asaṁkhyeya tataran perhiasan
Dengan beragam asaṁkhyeya keindahan yang mengagumkan
Di ujung sehelai rambut, ada asaṁkhyeya nama Buddha dikumandangkan.
Dengan asaṁkhyeya asaṁkhyeya parivarta nama yang telah diprediksi pencapaiannya oleh para Tathāgata
Di setiap tubuh Tathāgata, ada asaṁkhyeya pori-pori.
Dengan setiap pori-pori memanifestasikan asaṁkhyeya warna
Dengan asaṁkhyeya pori-pori yang memancarkan asaṁkhyeya iluminasi cahaya.
Di setiap iluminasi cahaya , termanifestasi asaṁkhyeya bunga teratai
Dengan setiap bunga teratai , memiliki asaṁkhyeya kelopak bunga teratai
Dengan setiap kelopak bunga teratai , termanifestasi asaṁkhyeya warna
Di setiap warna yang termanifestasi , ada asaṁkhyeya kelopak bunga teratai
Dengan asaṁkhyeya iluminasi cahaya kelopak bunga teratai
Dengan asaṁkhyeya warna iluminasi cahaya.
Dengan setiap asaṁkhyeya warna , memancarkan asaṁkhyeya iluminasi cahaya