Pages

T 706 - [佛說五大施經 - [ ārya- dānādhikāra - nāma-mahāyāna-sūtra]

[0813b21] Buddha, Bhagavān, pada suatu waktu, sedang  berdiam di taman Anāthapiṇḍada di Jetavana, sekitar wilayah Śrāvastī, bersama dengan persamuan bhikṣu.

[0813b23]  Bhagavān memberitahukan kepada para bhikṣu dan berkata, 

Ada lima jenis pemberian teragung, sekarang akan diuraikan kepada kalian semua, apakah kelima itu ? yakni, pertama menghindari pembunuhan adalah pemberian teragung, kedua menghindari pengambilan barang yang tidak diberikan, ketiga menghindari  aktivitas yang tidak baik dalam nafsu ragawi,  keempat menghindari ucapan yang tidak benar, kelima menghindari minuman yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran, adalah  pemberian teragung.

[0813b27] mempertahankan dengan baik dalam menghindari diri dari pembunuhan dinamakan sebagai pemberian teragung, mengapa demikian? karena dengan menghindari pembunuhan, akan dapat melatih diri dalam pemberian ketidak takutan kepada makhluk hidup yang tidak terukur jumlahnya. Dengan adanya ketidaktakutan maka tidak ada dendam, tidak ada kebencian dan tidak ada yang mencelakakan, Setelah  makhluk hidup yang tidak terukur jumlahnya memperoleh ketidaktakutan, tidak ada dendam, tidak ada kebencian dan tidak ada yang mencelakakan ,maka ranah eksistensi dari para deva dan manusia akan bersuka cita dalam ketenangan dan kedamaian, Oleh sebab itu , menghindari diri dari pembunuhan dinamakan sebagai pemberian teragung. Demikian juga, menghindari pengambilan barang yang tidak diberikan, menghindari  aktivitas yang tidak baik dalam nafsu ragawi,  menghindari ucapan yang tidak benar, menghindari minuman yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran.   




Karma JIgme

Instagram