Pages

T 279 (32) -大方廣佛華嚴經 - 諸菩薩住處品第三十二 [ sūtra ekspansif agung yang bernama ornamen bunga para Buddha - parivarta ke tiga puluh dua Kediaman dari para bodhisattva]

大正新脩大藏經

Taishō Shinshū Daizōkyō

華嚴部

Avataṃsaka


T 279


大方廣佛華嚴經


बुद्ध-अवतंसक-नाम-महावैपूल्य-सूत्र


buddha-avataṃsaka-nāma-mahāvaipūlya-sūtra


sūtra ekspansif agung yang bernama ornamen bunga para Buddha


Diterjemahkan oleh Śikṣānanda


諸菩薩住處品第三十二


Parivarta ke tiga puluh dua : Kediaman dari para bodhisattva


Nara Sumber dalam Chinese
Diterjemahkan dari Chinese ke dalam Bahasa Indonesia oleh : Karma Jigme


T 279(31) T 279 (32) T 279(33)


Gulungan ke empat puluh lima 

諸菩薩住處品第三十二

Parivarta ke tiga puluh dua 
Kediaman dari para bodhisattva

[0241b07] Kemudian bodhisattva mahāsattva Cittarājā memberitahukan kepada para bodhisattva dan berkata 

[0241b08]  Jinaputra, di penjuru timur, ada kediaman yang bernama gunung Rṣyutpāda, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau, sekarang  disana ada  bodhisattva  mahāsattva yang bernama Vajraśrī yang sedang menguraikan ajaran kebenaran bersama dengan tiga ratus bodhisattva  mahāsattva.

Jinaputra, di penjuru selatan, ada kediaman yang bernama gunung Śrīkūṭa, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau, sekarang disana ada  bodhisattva  mahāsattva yang bernama Dharmamati yang sedang menguraikan ajaran kebenaran bersama dengan lima ratus bodhisattva mahāsattva.

Jinaputra, di penjuru barat, ada kediaman yang bernama gunung Vajrārci, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau, sekarang disana ada  bodhisattva mahāsattva yang bernama Siṃhavikrantagāmin yang sedang menguraikan ajaran kebenaran bersama dengan tiga  ratus bodhisattva mahāsattva.

Jinaputra, di penjuru utara, ada kediaman yang bernama gunung Gandhakūṭa, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau, sekarang disana ada  bodhisattva mahāsattva yang bernama Gandhahastin yang sedang menguraikan ajaran kebenaran bersama dengan tiga ribu bodhisattva mahāsattva.

Jinaputra, di penjuru timur laut, ada kediaman yang bernama gunung Śītala ataupun Śādvala, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau, sekarang disana ada  bodhisattva mahāsattva yang bernama Mañjuśrī yang sedang menguraikan ajaran kebenaran bersama dengan  sepuluh ribu bodhisattva mahāsattva.

Jinaputra, [di penjuru utara menuju ke timur , di antara keempat] samudra luas [mahāsamudra], ada kediaman yang bernama gunung Vajra, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau, sekarang disana ada  bodhisattva mahāsattva yang bernama Dharmodgata yang sedang menguraikan ajaran kebenaran bersama dengan seribu dua ratus bodhisattva mahāsattva.

Jinaputra, di penjuru tenggara, ada kediaman yang bernama gunung Caitya, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau, sekarang disana ada bodhisattva mahāsattva yang bernama Devacūṭa yang sedang menguraikan ajaran kebenaran bersama dengan seribu bodhisattva mahāsattva.

Jinaputra, di penjuru barat daya, ada kediaman yang bernama gunung Dyotiṣ, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau, sekarang disana ada bodhisattva mahāsattva yang bernama Bhadraśrī yang sedang menguraikan ajaran kebenaran bersama dengan tiga ribu bodhisattva mahāsattva.

Jinaputra, di penjuru barat laut, ada kediaman yang bernama gunung Gandha-mādana, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau, sekarang disana ada  bodhisattva mahāsattva yang bernamaGandha-raśmi-pramukta yang sedang menguraikan ajaran kebenaran bersama dengan limaribu bodhisattva mahāsattva.

Jinaputra, di penjuru barat laut, ada kediaman yang bernama gunung Gandha-mādana, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau, sekarang disana ada  bodhisattva mahāsattva yang bernama Gandha-raśmi-pramukta yang sedang menguraikan ajaran kebenaran bersama dengan limaribu bodhisattva mahāsattva

[0241c06]  Jinaputra, di samudra luas [mahāsamudra] juga ada kediaman para bodhisattva  mahāsattva yang bernama Bhadraguha, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau.

Jinaputra, di penjuru  selatan dari kota Vaiśāli, ada kediaman yang bernama Mūlasupratiṣṭhita, , kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau.
Jinaputra, di Pāṭaliputra, ada kediaman yang bernama Kanakadvīpa saṃghārāma, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau.

Jinaputra, di Mathurā, ada kediaman yang bernama Saṃtarpaguha, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau.

Jinaputra, di Kuṇḍinā, ada kediaman yang bernama Dharmāsana, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau.

Jinaputra, di Śubhapāraṃgama, ada kediaman yang bernama Mucilinda-guha, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau.

Jinaputra, di Vāyura, ada kediaman yang bernama Muni-nāgarāja-vyavasthita, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau.

Jinaputra, di Kambojā, ada kediaman yang bernama Mairtry-udgata, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau.

Jinaputra, di Cīna, ada kediaman yang bernama Nārāyaṇa-guha, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau.

Jinaputra, di Khaśa, ada kediaman yang bernama Gośṛṇga, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau.

Jinaputra, di Kaśmīrā, ada kediaman yang bernama Uddeśin, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau.

Jinaputra, di Nandi-vardhana, ada kediaman yang bernama Sthavira-guha, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau.

Jinaputra, di Ābravantī, ada kediaman yang bernama Skhālitya-darśana ataupun Koṭi-garbha-raśmi-darśana, kediaman dari para bodhisattva  mahāsattva masa lampau


Referensi terjemahan  

Cleary, Thomas, The flower ornament scripture ,   Shambhala Publications, inc, 1993
                        
Yi Ding, A Philological Look at Chapter Bodhisattva abodes in the Buddhāvataṃsaka Sūtra -Sanskrit Reconstruction, Textual Origin, and Mahāyāna Context , International Conference on Mount Clear and Cool and The Buddhāvataṃsaka Sūtra , 2017.



Karma JIgme

Instagram